Jumat Pekan Natal 1, 3 Januari 2020

1Yoh 2:29 – 3:6 + Mzm 98 + Yoh 1: 29-34

 

 

Lectio

Pada suatu hari Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku. Dan aku sendiri pun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel."

Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya. Dan aku pun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus.Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."

 

Meditatio

Pada suatu hari Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: 'lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia'. Yohanes berkata demikian, karena penyataan Allah sendiri kepadaNya, bahwasannya: 'jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus'. Dan sungguh pada saat itu, 'Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya'.

Yohanes berkata demikian, karena memang itulah tugas yang dipercayakan Allah sendiri kepadanya. Engkau mendahului Tuhan guna mempersiapkan jalan bagiNya, kata-kata sang ayah ketika anak itu disunatkan. 'Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku', tegas Yohanes.  

Yohanes rasul melanjutkan penyataan Yohanes Pembaptis, bahwasannya Yesus itu Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia, maka setiap orang yang percaya kepadaNya dan 'tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; sebab di dalam Dia tidak ada dosa'.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, Yohanes begitu mengenal Engkau, karena penyataan diri Allah sendiri kepadaNya. Semoga kami pun hari demi hari berani mendengarkan dan memperhatikan penyataan Allah, yang Engkau sampaikan sendiri kepada kami. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia'. Yohanes menunjuk kebenaran.

Kedua, 'jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus'. Dialah Yesus Kristus.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)