Jumat sesudah Penampakan, 10 Januari 2020

1Yoh 5: 5-13 + Mzm 147 + Luk 5: 12-16

 

 

Lectio

Pada suatu kali Yesus berada dalam sebuah kota. Di situ ada seorang yang penuh kusta. Ketika ia melihat Yesus, tersungkurlah ia dan memohon: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku." Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu, dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga lenyaplah penyakit kustanya. Yesus melarang orang itu memberitahukannya kepada siapa pun juga dan berkata: "Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk pentahiranmu persembahan seperti yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka." Tetapi kabar tentang Yesus makin jauh tersiar dan datanglah orang banyak berbondong-bondong kepada-Nya untuk mendengar Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka. Akan tetapi Ia mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa.

 

Meditatio

Orang yang disembuhkan Yesus seperti menceritakan kepada banyak orang tentang anugerah indah yang dikerjakan Yesus kepada dirinya. Walaupun Yesus sempat melarangnya, tetapi dia hendak berbagi kepada banyak orang. Maka kabar tentang Yesus makin jauh tersiar dan datanglah orang banyak berbondong-bondong kepada-Nya untuk mendengar Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka. Kalau berani kita sampaikan, bahwasannya Yesus mewartakan keberadaan diriNya dalam dan melalui kelemahan umatNya. Tuhan Yesus tidak meniadakan mereka, karena kekurangan dan kesalahan mereka, melainkan malah mengajak mereka untuk mewartakan kemuliaan Allah dalam diri mereka.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau menyatkan kemuliaan dan keperkasaanMu dalam dalam aneka peristiwa yang menggelegar, melainkan dalam diri umatMu yang lemah, Engkau pun memberi kesempatan mereka untuk memuliakan namaMu. Syukur kepadaMu, ya Yesus. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, kabar tentang Yesus makin jauh tersiar.

Kedua, datanglah orang banyak berbondong-bondong kepada-Nya untuk mendengar Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka.  

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017