Kamis Pekan Biasa III, 30 Januari 2020


2Sam 7: 18-29 + Mzm 132 + Mrk 4: 21-25

 

 

Lectio

Pada suatu kali Yesus mengajar di tepi danau, kataNya: "Orang membawa pelita bukan supaya ditempatkan di bawah gantang atau di bawah tempat tidur, melainkan supaya ditaruh di atas kaki dian. Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap. Barangsiapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!"

Lalu Ia berkata lagi: "Camkanlah apa yang kamu dengar! Ukuran yang kamu pakai untuk mengukur akan diukurkan kepadamu, dan di samping itu akan ditambah lagi kepadamu. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya."

 

Meditatio

Dua hari ini Ydesus meminta para murid untuk benar-benar mendengar dan mendnegar. Sebab memang pendengaran seringkali menjadi awal pengenalan seseorang terhadap sesuatu, sekaligus wadah untuk memamahisesuatu dengan indahnya. Ada dua hal yang dinyatakan Yesus kepada kita hari ini.

Pertama, segala sesuatu akan terbuka dan dikethui oleh banyak orang; hanya saja memakan waktu. Khususnya misteri Allah sendiri, sebab memang penyataan Allah harus disampaiakan kepada setiap orang tanpa terkceuali. SDM seseorang berpengarhuh dalam pemahaman. Namaun tak dapat disangkal, penyataan Allah hanya ditujuajn demi keselamatan umat manusi. Lilin sengaja diletakkan di kaki dian.

Kedua, kita diajak berani berbagi terhadap sesame. Sebab kalua kita mudah berbagi kepada sesame atas segala yang kita miliki, kita pun akan menerimanya kembali dan malah membuat apa yang kita miliki itu melidmpah adanya. Sebabliknya kalua kita enggan berbagi, maka apa yang kita miliki tak akan berkurang memang, tetapi malah sebaliknya akan termakan ewaktu dan hilang adanya. Benarlah memang, 'yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya'.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau sungguh baik hati. Engkau mengajak kami juga berani berbaik hati kepada sesama. Engkau malah akan melimpatgandakan apa yang kami miliki sejauh kalau kami berani berbagi. Semoga kami pun atas kasihMu mampu dan siap menjadi saluran berkat bagi sesama. Amin.

 

Contemplatio

'Yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya'.  mari siap menjadi saluran berkat bagi sesama.







Oremus Inter Nos


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017