Kamis sesudah Penampakan, 9 Januari 2020

1Yoh 4:19 – 5:4 + Mzm 72 + Luk 4: 14-22

 

 

Lectio

Dalam kuasa Roh kembalilah Yesus ke Galilea. Dan tersiarlah kabar tentang Dia di seluruh daerah itu. Sementara itu Ia mengajar di rumah-rumah ibadat di situ dan semua orang memuji Dia. Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab. Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis: "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang." Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya. Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya." Dan semua orang itu membenarkan Dia dan mereka heran akan kata-kata yang indah yang diucapkan-Nya.

 

Meditatio

'Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang'. Penegasan Yesus di daerah, tempat dibesarkan. Yesus menyatakan siapakah sebenarnya diriNya itu. Dia datang untuk orang-orang yang membutuhkan. Sesuai dengan namaNya, Yesus membebaskan semua orang yang terbelenggu oleh dosa.  Dia adalah seseorang yang dikuasai oleh Roh Kudus. Yohanes Pempabtis menyebutNya AnakDomba Allah yang menghapus dosa-dosa umat manusia, karena pada waktu dibaptis di sungai Yordan, Roh Kudus turun atasNya.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, Engkau menyatakan siapakah diriMu di hadapan orang-orang yang Engkau kasihi. Engkau benar-benar Mesias yang hendak menyelamatkan kami. Semoga seperti para Majus, kami selalu datang, menyembah dan merunduk di hadapanMu. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin'.

Kedua, 'Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta'.

Ketiga, 'Ia mengutus Aku untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang'.  

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Pentakosta