Minggu Pekan Biasa II, 19 Januari 2020

Yes 49: 3-6 + 1Kor 1: 1-3 + Yoh 1: 29-34

 

 

Lectio

Suatu hari Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku. Dan aku sendiri pun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel." Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya. Dan aku pun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus. Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."

 

Meditatio

Pada suatu hari Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: 'lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia'. Yohanes berkata demikian, karena penyataan Allah sendiri kepadaNya, bahwasannya: 'jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus'. Dia dapat mendatangkan Roh Kudus berarti Dia berkuasa atas Roh kudusNya. Dia adalah Allah.

Alah yang menjadi Manusia adalah Anak Allah. Anak Allah yang mau mengurbankan diriNya kita sebut Anak Domba Allah, sebagaimana tradisi Israel saat itu anak domba menjadi kurban persembahan.  

Anak Domba Allah inilah yang terus menerus kita nikmati dalam perayaan Ekaristi. Semakin sering kita ambil bagian dalam perayaan Ekaristi, semakin menyatulah kita dengan sang Anak Domba Allah. Maka benarlah kalau santo Pius XII menyebut Ekaristi adalah jalan singkat menuju surga.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, ajarilah kami semakin setia dalam mengikuti perayaan Ekaristi. Sebab dalam perjamuan bersamaMu sendiri, kami beroleh keselamatan, yang makin hari semakin nyata dalam hidup kami. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia'. Yohanes menunjuk kebenaran.

Kedua, 'jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus'. Dialah Yesus Kristus.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017