Pesta Bertobatnya santo Paulus, 25 Januari 2020

Kis 22: 3-16 + Mzm 117 + Mrk 16: 15-18

 

 

Lectio

Pada waktu itu Yesus berkata kepada para muridNya: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."

 

Meditatio

Perintah Yesus: 'pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk', tidak langsung didengarnya, tetapi dengan mata hati dan telinga jiwanya, Paulus sempat melihat dan mendengar Yesus sendiri yang memanggilnya dan mentobatkan dirinya. Pertobatan bagi Paulus berarti perubahan hidup. Sebab dia, yang dahulu sebagai pengejar dan penganiaya para murid Tuhan, sekarang menjadi pewarta Tuhan Allah. Kalau dahulu dia yakin sebagai seorang yang giat bekerja bagi Allah, dalam pandangan seorangYahudi yang menguasai hokum Taurat, kini dia tetap berjuang demi Allah, dalam pandangan seorang murid Kristus yang berpandangan hokum cinta kasih, yakni Injil. Dengan berani dia berkata: celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, tobatkanlah diri kami, agar kami mampu dan berani mewartakan sabdaMu yang menyelamatkan itu. Dan semoga InjilMu menjadi pedoman hidup kami. Amin.

 

 

Contemplatio

Pertama, 'pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk', didengar oleh Paulus, dan dengan siap menjawabNya: celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Pentakosta