Rabu Pekan Biasa I, 15 Januari 2020

1Sam 3: 1-10 + Mzm 40 + Mrk 1: 29-39

 

 

Lectio

Pada saat itusekeluarnya dari rumah ibadat itu Yesus dengan Yakobus dan Yohanes pergi ke rumah Simon dan Andreas. Ibu mertua Simon terbaring karena sakit demam. Mereka segera memberitahukan keadaannya kepada Yesus. Ia pergi ke tempat perempuan itu, dan sambil memegang tangannya Ia membangunkan dia, lalu lenyaplah demamnya. Kemudian perempuan itu melayani mereka.

Menjelang malam, sesudah matahari terbenam, dibawalah kepada Yesus semua orang yang menderita sakit dan yang kerasukan setan. Maka berkerumunlah seluruh penduduk kota itu di depan pintu. Ia menyembuhkan banyak orang yang menderita bermacam-macam penyakit dan mengusir banyak setan; Ia tidak memperbolehkan setan-setan itu berbicara, sebab mereka mengenal Dia.

Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana. Tetapi Simon dan kawan-kawannya menyusul Dia; waktu menemukan Dia mereka berkata: "Semua orang mencari Engkau." Jawab-Nya: "Marilah kita pergi ke tempat lain, ke kota-kota yang berdekatan, supaya di sana juga Aku memberitakan Injil, karena untuk itu Aku telah datang." Lalu pergilah Ia ke seluruh Galilea dan memberitakan Injil dalam rumah-rumah ibadat mereka dan mengusir setan-setan.

 

Meditatio

Para murid memberitahukan kepada Yesus, kalua ibu mertua Petrus berbaring sakit. Namun apakah mereka juga memberitahukan kepada para penduduk kota itu untuk datang kepadaNya? Tentunya tidak, tetapi kehadiran Yesus selalu diketahui oleh banyak orang.

Kehadiran Tuhan selalu membawa sukacita, sebab 'Aku datang untuk memberitakan Injil', tegas Yesus kepada para muridNya. Tugas pertusan yesus memang amat jelas. Dia pun mengundang dan mengundang kita untuk mendengarkanNya. Bersabdalah ya Tuhan, hambaMu siap mendengarkan (1Sam 3). Kata-kata Samuel inilah yang kiranya harus kita katakan, ketika Yesus menyapa kita.

 

Oratio

Ya Yesus, Engkau selalu membawa kabar sukacita bagi kami, karena memang Engkau menghendaki kami bahagia. Ajarilah kami mengamini sabda dan kehendakMu, sebagaimana diteladankan Samuel bagi kami. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'Aku datang untuk memberitakan Injil'. Yesus sang Guru utama.

Kedua, bersabdalah ya Tuhan, hambaMu siap mendengarkan. SabdaNya adalah kebenaran.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Pentakosta