Sabtu Pekan Biasa I, 18 Januari 2020

1Sam 9: 1-7 + Mzm 21 + Mrk 2: 13-17

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus pergi lagi ke pantai danau, dan seluruh orang banyak datang kepada-Nya, lalu Ia mengajar mereka. Kemudian ketika Ia berjalan lewat di situ, Ia melihat Lewi anak Alfeus duduk di rumah cukai lalu Ia berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!" Maka berdirilah Lewi lalu mengikuti Dia. Kemudian ketika Yesus makan di rumah orang itu, banyak pemungut cukai dan orang berdosa makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya, sebab banyak orang yang mengikuti Dia. Pada waktu ahli-ahli Taurat dari golongan Farisi melihat, bahwa Ia makan dengan pemungut cukai dan orang berdosa itu, berkatalah mereka kepada murid-murid-Nya: "Mengapa Ia makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?" Yesus mendengarnya dan berkata kepada mereka: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."

 

Meditatio

Yesus adalah seorang yang baik. Dia seorang Guru. Sebab orang banyak datang kepada-Nya, dan Ia mengajar mereka. Namun, mengapa Ia makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa? Inilah yang dipersoalkan oleh ahli-ahli Taurat dari golongan Farisi. Bukankah sebagai seorang Guru, Dia harus memberi teladan yang baik? Bukankah Dia harus bergaul dengan orang-orang yang baik dan berpendidikan?

Apakah Yesus tidak memberi teladan baik? Yesus membuka konsep baru bagi setiap orang, yakni tugas perutusanNya. Yesus berkata kepada mereka: 'bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa'. Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, Engkau datang hendak mencari anak-anak manusia yang hilang dan tersesat. Engkau mencari manusia, karena Engkau menghendaki semua orang beroleh selamat. Semoga kamipun menikmati janjiMu yang menyelamatkan itu. Amin.

 

Contemplatio

'Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa'. Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016