Selasa Pekan Biasa III, 28 Januari 2020

2Sam 6: 12-19 + Mzm 24 + Mrk 3: 31-35

 

 

Lectio

Pada waktu itu datanglah ibu dan saudara-saudara Yesus. Sementara mereka berdiri di luar, mereka menyuruh orang memanggil Dia. Ada orang banyak duduk mengelilingi Dia, mereka berkata kepada-Nya: "Lihat, ibu dan saudara-saudara-Mu ada di luar, dan berusaha menemui Engkau." Jawab Yesus kepada mereka: "Siapa ibu-Ku dan siapa saudara-saudara-Ku?" Ia melihat kepada orang-orang yang duduk di sekeliling-Nya itu dan berkata: "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."

 

 Meditatio

Siapakah saudara dan saudari Yesus? Apakah mereka yang telah menerima sakramen baptis? Apakah mereka yang menjadi anggota Gereja Katolik?

'Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku', kata Yesus kepada setiap orang yang mendengarkanNya. Apakah kita sudah melakukan kehendak Allah? Apakah kehendak Allah itu? Melakukan kehendak Allah itu menghayati iman kepercayaan. Apapun agamanya, kalau kita menghayati iman kepercayaan secara benar, kita dipersatukan oleh Tuhan Yesus sebagai saudara dan saudariNya.

Apakah kita mengabaikan agama? Tidak! Menghayati iman itu selalu menghayati aneka kebijakan agama yang kita kita ikuti. Semua agama mengajarkan kebaikan dan membantu kita dalam menghayati iman kepercayaan itu.

 

Oratio

Yeus Kristus, kami bersyukur kepadaMu, karena Engkau menyatukan kami dengan Engkau, bila kami mengahayati sabda dan kehendak Allah sendiri. Ajarilah kami menghayati iman kami, sehingga kami semakin mampu menemukan Engkau yang hadir dalam diri sesama kami. Amin.

 

Contemplatio

'Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku'.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)