Senin Pekan Biasa III, 27 Januari 2020

2Sam 5: 1-7 + Mzm 89 + Mrk 3: 22-30

 

 

Lectio

Pada waktu itu ahli-ahli Taurat yang datang dari Yerusalem berkata: "Ia kerasukan Beelzebul," dan: "Dengan penghulu setan Ia mengusir setan." Yesus memanggil mereka, lalu berkata kepada mereka dalam perumpamaan: "Bagaimana Iblis dapat mengusir Iblis? Kalau suatu kerajaan terpecah-pecah, kerajaan itu tidak dapat bertahan, dan jika suatu rumah tangga terpecah-pecah, rumah tangga itu tidak dapat bertahan. Demikianlah juga kalau Iblis berontak melawan dirinya sendiri dan kalau ia terbagi-bagi, ia tidak dapat bertahan, melainkan sudahlah tiba kesudahannya. Tetapi tidak seorang pun dapat memasuki rumah seorang yang kuat untuk merampas harta bendanya apabila tidak diikatnya dahulu orang kuat itu. Sesudah itu barulah dapat ia merampok rumah itu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semua dosa dan hujat anak-anak manusia akan diampuni, ya, semua hujat yang mereka ucapkan. Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal." Ia berkata demikian karena mereka katakan bahwa Ia kerasukan roh jahat.

 

Meditatio

Yesus dituduh mengusir kuasa kegelapan dengan kuasa kegelapan pula. 'Bagaimana Iblis dapat mengusir Iblis?' komentar Yesus menaggapi mereka. Kuasa kegalapan pun pasti mengerti akan kesatuan. Mungkinkah jeruk makan jeruk? Namun dengan adanya kuasa yang mampu mengusir mereka, kuasa kegelapan, berati ada Kuasa itu lebih besar dari kuasa kegelapan itu sendiri. Dialah Anak Manusia.

'Aku berkata kepadamu: sesungguhnya semua dosa dan hujat anak-anak manusia akan diampuni, ya, semua hujat yang mereka ucapkan. Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal'. Melawan Roh Kudus berarti melawan Allah sendiri. Sebab memang Allah itu adalah Roh yang kudus. Dia bukan yang insani. Melawan Allah berati melawan keselamatan. Melawan Allah berarti menolak keselamatan itu sendiri, menolak untuk diselamatkan, yang memang tidak lain dan tidak bukan adalah binasa.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, kuasaMu sungguh mengagungkan. Engkau berkuasa atas kehidupan ini. Kuasa kegelapan yang melawan Engkau, Engkau binasakan. Semoga kami semakin berani mengamini Engkau yang menyelamatkan itu. Amin.

 

Contemplatio

'Aku berkata kepadamu: sesungguhnya semua dosa dan hujat anak-anak manusia akan diampuni, ya, semua hujat yang mereka ucapkan. Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal'.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Pentakosta