Jumat sesudah Rabu Abu, 28 Februari 2020

Yes 58: 1-9 + Mzm 51 + Mat 9: 14-15

 

 

Lectio

Suatu kali datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: "Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?" Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa".

 

Meditatio

Seringkali seseorang yang berpuasa itu kurang ceria dan kurang bersemangat. Namun otulah yang tidak dikehendaki Yesus, malah meminta mereka membasuh wajah agar tetap segar dan semangat. Dan memang benar puasa hendaknya tidak mengurang SDM setiap orang.

Karena gambaran orang yang kurang bersukacita, maka kertika para murid Yohanes mempersoalkan tidak berpuasanya para muridNya, Yesus berkata: 'dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka?'. Tidaklah tepat para sahabat pengantin laki-laki kurang cera dan lemas-lemas selama mereka berpesta. Mereka harus menyemarakan pesta perkawinan sang pengantin. 'Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa'. Usai pesta, selesainya juga tugas dan peran mereka. Demikianlah para murid, yang sedang bersama Yesus, tidaklah perlu berpuasa. Mereka semua dalam keadaan sukacita bersama Yesus. Bersama Yesus ada sukacita. Mereka tidak perlu berseru-seru kepadaNya, sebagaimana bentuk puasa yang dikehendaki dan tersurat dalam kitab Yesaya (58), sebab Yesus Tuhan ada bersama mereka.

 

Oratio

Yesus Kristus, kami ingin selalu bersmaMu, sebab hanya dalam kasihMu ada keselaselamatan dan kehidupan. Ada sukacita. Semoga kami selalu bertahan dan setia dalam kasihMu. Amin.

 

Contemplatio

'Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka?  Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016