Kamis Pekan Biasa V, 13 Februari 2020

1Raj 11: 4-13 + Mzm 106 + Mrk 7: 24-30

 

 

Lectio

Pada suatu kali Yesus pergi ke daerah Tirus. Ia masuk ke sebuah rumah dan tidak mau bahwa ada orang yang mengetahuinya, tetapi kedatangan-Nya tidak dapat dirahasiakan. Malah seorang ibu, yang anaknya perempuan kerasukan roh jahat, segera mendengar tentang Dia, lalu datang dan tersungkur di depan kaki-Nya. Perempuan itu seorang Yunani bangsa Siro-Fenisia. Ia memohon kepada Yesus untuk mengusir setan itu dari anaknya. Lalu Yesus berkata kepadanya: "Biarlah anak-anak kenyang dahulu, sebab tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing." Tetapi perempuan itu menjawab: "Benar, Tuhan. Tetapi anjing yang di bawah meja juga makan remah-remah yang dijatuhkan anak-anak." Maka kata Yesus kepada perempuan itu: "Karena kata-katamu itu, pergilah sekarang sebab setan itu sudah keluar dari anakmu." Perempuan itu pulang ke rumahnya, lalu didapatinya anak itu berbaring di tempat tidur, sedang setan itu sudah keluar.

 

Meditatio

'Benar, Tuhan. Tetapi anjing yang di bawah meja juga makan remah-remah yang dijatuhkan anak-anak', sahut perempuan Siro-Fenesia ini. Dia tidak bermaksud merebut dan mengambil yang bukan miliknya. Tapi apalah remah-remah yang jatuh dari meja berarti tidak berarti lagi. Perempuan ini siap menerima sisa-sisa maknan yang terbuang. Perempuan satu ini hanya bisa meminta dan meminta.

'Karena kata-katamu itu, pergilah sekarang sebab setan itu sudah keluar dari anakmu'. Kerendahan hati amat menarik hati Tuhan Yesus. Kalau salah seorang perwira pernah berkata katakan sepatah kata saja, maka dia akan sembuh  kepada Yesus, saat ini Yesus malah percaya akan kata-kata orang-orang yang dikasihiNya. Perempuan itu pulang ke rumahnya, lalu didapatinya anak itu berbaring di tempat tidur, sedang setan itu sudah keluar.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau begitu menarik perhatian kepada setiap orang yang berseru-seru kepadaMu. Ajarilah kami unutk tidak henti-hentinya melantunkan permohonan dan syukur kepadaMu. Amin.

 

Meditatio

'Karena kata-katamu itu, pergilah sekarang sebab setan itu sudah keluar dari anakmu'. belaskasihNya sepanjang masa.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)