Sabtu sesudah Rabu Abu, 29 Februari 2020

Yes 58: 9-14 + Mzm 86 + Luk 5: 27-32

 

Lectio

Suatu kali Yesus berjumpa seorang pemungut cukai, yang bernama Lewi, sedang duduk di rumah cukai. Yesus berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!" Maka berdirilah Lewi dan meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Dia. Dan Lewi mengadakan suatu perjamuan besar untuk Dia di rumahnya dan sejumlah besar pemungut cukai dan orang-orang lain turut makan bersama-sama dengan Dia. Orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat bersungut-sungut kepada murid-murid Yesus, katanya: "Mengapa kamu makan dan minum bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?" Lalu jawab Yesus kepada mereka, kata-Nya: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat."

 

Meditatio

Berbuat baik. itulah tuntutan kepada setiap orang, terlebih kepada orang-orang yang percaya kepada Tuhan Allah. Kepada siapa kita harus berbuat baik? Engkau akan disebutkan "yang memperbaiki tembok yang tembus", "yang membetulkan jalan supaya tempat itu dapat dihuni". (Yes 58: 12). Penegasan Allah melalui Yesaya mengatakan, bahwa yang diperbaiki adalah tembok yang tembus, bukan tembok yang bagus; dan membetulkan jalan, agar sebuah lokasi dapat dinikmati banyak orang. Jadi memperbaiki sesuatu yang sudah rusak demi tujuan sebagaimana seharusnya.

Demikialah kedatangan Yesus Kristus. 'Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat'. Terlebih bila mengingat tujuan datang ke dunia adalah penyelamatan umat manusia, di mana semua orang diundang ambil bagian dalam karya penyelamatan itu. Orang yang mau tenggelamlah yang dibantu agar selamat, tidaklah demikian dengan mereka yang telah mampu berenang.

 

Oratio

Yesus Tuhan kami, Engkau memanggil dan memanggil kami agar kami mendengarkan suaraMu yang menyelamatkan itu. Engkau tidak memperhitungkan segala kelemahan dan dosa kami. Semoga kami semakin berani menikmati belaskasihMu yang menyelamatkan itu. Amin.

 

Cotemplatio

'Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat'. Merasakah kita sebagai orang berdosa?

 

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017