Kamis Pekan Prapaskah I, 5 Maret 2020

Est 4: 10-12 + Mzm 138 + Mat 7: 7-12

 

 

Lectio

Suatu ketika berkatalah Yesus: 'mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya. Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi'.

 

Meditatio

'Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu'. Inilah penegasan Yesus. Amat jelas dan menjanjikan. Namun tak dapat disangkal, Tuhan Allah seringkali membiarkan kita, seperti para murid, dibiarkan sampai hampir tenggelam (Mat 8). BersamaNya kita tidak akan binasa. Semuanya bisa terjadi, karena Yesus Tuhan amat tahu segala kemampuan kita. Tuhan Allah telah memberikan dan melengkapi aneka anugerah jauh-jauh sebelumnya. Ukuran kita tidaklah sama dengan ukuran Dia, sang Empunya kehidupan; terlebih mengingat penegasan Yesus: 'jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga'.

Sabar dan setia tentunya amat diperlukan dalam menanggapi kasih Tuhan.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau sungguh memberi kepastian dalam hidup ini. Walau Engkau tidak memanjakan kami, Engkau tetap meminta kami berharap dan berharap kepadaMu. Maka bantulah, agar kami kedapatan setia sampai akhir hidup dalam menikmati kehadiranMu yang menyelamatkan. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu'. Penegasan yang jelas dan menjanjikan.

Kedua, 'jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga'. Dia tahu kebutuhan umatNya.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita