Minggu V Pekan Prapaskah, 29 Maret 2020

Yeh 37: 12-14 + Rm 8: 8-13 + Yoh 11: 1-45

 

 

Lectio

"Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?" Jawab Marta: "Ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia." Lalu Yesus pergi ke kubur itu. Kubur itu adalah sebuah gua yang ditutup dengan batu. Kata Yesus: "Angkat batu itu!" Marta, saudara orang yang meninggal itu, berkata kepada-Nya: "Tuhan, ia sudah berbau, sebab sudah empat hari ia mati." Jawab Yesus: "Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?" Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata: "Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku. Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku." Dan sesudah berkata demikian, berserulah Ia dengan suara keras: "Lazarus, marilah ke luar!" Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus kepada mereka: "Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi." Banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus, percaya kepada-Nya.

 

Meditatio

Beginilah firman Tuhan ALLAH: 'sungguh, Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya, dan Aku akan membawa kamu ke tanah Israel. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada saat Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya. Aku akan memberikan Roh-Ku ke dalammu, sehingga kamu hidup kembali dan Aku akan membiarkan kamu tinggal di tanahmu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, yang mengatakannya dan membuatnya, demikianlah firman TUHAN'. Tuhan Allah bersabda kepada umatNya. Hanya Tuhanlah yang mampu menghidupkan kembali umatNya, karena Dialah sang Pencipta, Dialah sang Empunya kehidupan. Dan yang dimaksukan itua adalah Tuhanlah Yesus Kristus. Dialah Tuhan Allah. Dialah Allah yang menjadi Manusia. Yesus sendiri menegaskan siapakah diriNya: 'Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya'.

Yesus pun memberikan contoh nyata dengan membangkitkan Lazarus yang dikasihiNya. Doalah Tuhan Allah yang hidup. Dengan penyataan Akulah Kebangkitan dan Hidup, Yesus hendak menegaskan bahwa kebangkitan bukanlah soal waktu, entah esok atau akhir jaman, sebagaimana diimani banyak orang, termasuk Marta: 'aku tahu bahwa ia akan bangkit pada waktu orang-orang bangkit pada akhir zaman'. Kebangkitan adalah soal kepercayaan. Kalau seseorang tidak percaya akan kebangkitan, tentunya dia tidak akan menikmati kebangkitan di akhir jaman.

Orang yang percaya kepada Tuhan adalah mereka yang membiarkan Roh Allah tinggal dalam dirinya (Rm 8). Itulah bahasa Paulus. Orang yang percaya kepada Tuhan adalah mereka yang mengamini sabda Allah dalam kata dan perbuatan. Itulah bahasa Yakobus. Mereka adalah saudara-dan saudariKu yang melakukan kehendak Bapa di surge, itulah bahasa Yesus sendiri. Bagi merekalah, orang-orang yang percaya kepada Tuhan, tubuhnya yang fana akan dihidupkan kembali oleh Roh Allah yang hidup dalam dirinya.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkaulah kebangkita dan hidup kami. Semoga kami semakin percaya kepadaMu, sehingga pada akhirnya kami boleh menikmati kebahagianan surgawi, karena telah menikmati kebangkitanMu yang menyelamatkan. Rahmat kebangkitan telah mendahului kami bangkit. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'sungguh, Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya, dan Aku akan membawa kamu ke tanah Israel. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN'. Hanya Tuhanlah yang mampu menghidupkan kembali umatNya.

Kedua, 'Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya'.  Sungguh tepat iman kepercayaan kita.

 

 

 






Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017