Rabu Pekan Prapaskah I, 4 Maret 2020

Yun 55: 1-10 + Mzm 51 + Luk 11: 29-32

 

 

Lectio

Suatu ketika orang banyak mengerumuni-Nya, berkatalah Yesus: "Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Sebab seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini. Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo! Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!"

 

Meditatio

Yesus tidak akan memberi tanda kepada siapapun, karena memang Dia sendiri, Anak Manusia adalah tanda untuk seluruh angkatan. Persoalannya adalah mengapa banyak orang kurang antusias dan enggan mendengarkan sabdaNya? Bukankah 'yang ada di depan kita ini lebih dari pada Yunus ataupun Salomo? Kisah orang-orang Niniwe yang mau bertobat benar-benar mendatangkan keselamatan dan sukacita bagi mereka. Pertobatan memang sungguh indah. 'Akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan' (Luk 15: 7).

 

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau menghendaki kami mendengarkan sabdaMu, karena memang Engkaulah Allah, Engkau melebihi segala yang ada. Buatlah hati kami tetap selalu tertarik dan terpikat hanya kepadaMu. Amin.

 

Contemplatio

Anak Manusia adalah tanda untuk seluruh angkatan. Dia lebih dari pada Yunus ataupun Salomo

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Pentakosta