Sabtu IV Pekan Prapaskah, 28 Maret 2020

Yer 11: 18-20 + Mzm 7 + Yoh 7: 40-53

 

 

Lectio

Suatu hari beberapa orang di antara orang banyak, yang mendengarkan perkataan-perkataan itu, berkata: "Dia ini benar-benar nabi yang akan datang." Yang lain berkata: "Ia ini Mesias." Tetapi yang lain lagi berkata: "Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea! Karena Kitab Suci mengatakan, bahwa Mesias berasal dari keturunan Daud dan dari kampung Betlehem, tempat Daud dahulu tinggal." Maka timbullah pertentangan di antara orang banyak karena Dia. Beberapa orang di antara mereka mau menangkap Dia, tetapi tidak ada seorang pun yang berani menyentuh-Nya. Maka penjaga-penjaga itu pergi kepada imam-imam kepala dan orang-orang Farisi, yang berkata kepada mereka: "Mengapa kamu tidak membawa-Nya?" Jawab penjaga-penjaga itu: "Belum pernah seorang manusia berkata seperti orang itu!" Jawab orang-orang Farisi itu kepada mereka: "Adakah kamu juga disesatkan? Adakah seorang di antara pemimpin-pemimpin yang percaya kepada-Nya, atau seorang di antara orang-orang Farisi? Tetapi orang banyak ini yang tidak mengenal hukum Taurat, terkutuklah mereka!" Nikodemus, seorang dari mereka, yang dahulu telah datang kepada-Nya, berkata kepada mereka: "Apakah hukum Taurat kita menghukum seseorang, sebelum ia didengar dan sebelum orang mengetahui apa yang telah dibuat-Nya?" Jawab mereka: "Apakah engkau juga orang Galilea? Selidikilah Kitab Suci dan engkau akan tahu bahwa tidak ada nabi yang datang dari Galilea." Lalu mereka pulang, masing-masing ke rumahnya,

 

Meditatio

'Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea! Karena Kitab Suci mengatakan, bahwa Mesias berasal dari keturunan Daud dan dari kampung Betlehem, tempat Daud dahulu tinggal'. Itulah komentar banyak orang yang merasa gerah dengan kehadiran Yesus. Sempat juga terjadi perselisihan di antara mereka. Supaya tidak ada kesulitan bagi umat Israel di kemudian hari, mengapa Tuhan Allah tidak memanggil keluarga Yusuf, agar pulang kembali ke Betlehem, dan tidak tinggal di Nazaret? Apakah memang percekcokan semacam ini sengaja dibiarkan oleh Tuhan Allah sang Empunya kehidupan dengan membiarkan keluarga Yusuf tinggal di Nazaret? Yesus pun pernah membiarkan para murid hampir tenggelam dalam berperau, dan Yesus tertidur di dalamnya.

Masa Prapaskah mengajak kita agar tidak mengandalkan kekuatan akal budi dan insani dalam menikmati hidup. Aneka peristiwa kehidupan akan selalu terbuka, dan Allah membiarkan kita untuk memilih dan menikmatinya.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau mengaanugerahi kami aneka kemampuan insani, karena memang kami tercipta sesuai dengan gambarMu. Semoga kami mampu menggunakan segala anugerahMu itu dengan penuh syukur, dan tetap meminta bantuanMu yang membahagian dan menyelamatkan. Amin.

 

Contemplatio

'Mesias tidak datang dari Galilea! Karena Kitab Suci mengatakan, bahwa Mesias berasal dari keturunan Daud dan dari kampung Betlehem, tempat Daud dahulu tinggal'.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017