Senin Pekan II Prapaskah. 9 Maret 2020

Dan 9: 4-10 + Mzm 79 + Luk 6: 36-38

 

 

Lectio

Pada waktu bersabdalah Yesus: 'hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati. Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu'.

 

Meditatio

Yesus meminta para muridNya murah hati seperti Bapa di surge. Minimal tidak melakukan segala sesuatu, yang tidak ingin diperbuat orang lain kepada kita, para muridNya. 'Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu'. Hendaknya para murid mendahului berbuat baik. 'Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni'. Tak jarang memang dalam hidup bersama berlaku hokum ganti rugi. Sekali lagi kita tidak melakukan segala sesuatu, yang tidak ingin diperbuat orang lain kepada kita.

Malahan lebih baik lagi, mendahului orang lain dalam memberi. 'Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu'.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau benar-benar menghendaki kmi menjadi orangorang yang berguna bagi sesame. Bantulah kai slalu agar kami berani mendahlui berbuat baik kepada sesame kami. Amin.

 

Cotemplatio

Pertama, 'janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni'. Hendaknya mendahului berbuat baik.

Kedua, 'berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu'. Kasih berkelimpahan.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Hari Raya Pentakosta