Jumat Pekan Paskah III, 1 Mei 2020

Kis 9: 1-20 + Mzm 117 + Yoh 6: 52-59

 

 

Lectio

Akhirnya pada waktu itu oang-orang Yahudi bertengkar antara sesama mereka dan berkata: "Bagaimana Ia ini dapat memberikan daging-Nya kepada kita untuk dimakan." Maka kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu. Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman. Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan dan darah-Ku adalah benar-benar minuman. Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia. Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku. Inilah roti yang telah turun dari sorga, bukan roti seperti yang dimakan nenek moyangmu dan mereka telah mati. Barangsiapa makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya." Semuanya ini dikatakan Yesus di Kapernaum ketika Ia mengajar di rumah ibadat.

 

Meditatio

Kalau kemarin Yesus menegaskan 'setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman', demikian juga hari ini kembali Yesus menyatakan: 'barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman'. Apakah yang dikatakan Yesus ini sekedar penegasan kembali? Bagaimana dengan seseorang yang percaya, tetapi belum pernah dan bahkan ada yang tidak berkeinginan menerima tubuh dan darahNya? Apakah sabda Yesus inilah yang mengkondisikan keberadaan Gereja-gereja yang beragam?

Namun kiranya yang membedakan adalah bahwa 'barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia. Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku', tegas Yesus. Kita dapat berkata-kata seperti Paulus, bahwa bukan aku lagi yang hidup dalam diriku, melainkan Kristuslah yang hidup dalam aku, kalau memang kita setia makan tubuh dan minum darahNya. 

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau memberikan hidupMu hanya untuk kami orang-orang yang Engkau sayangi, orang-orang yang mau ambil bagian dalam hidupMu. Semoga kmi pun menjadi orang-orang yang membiarkan Engkau meraja dalam hidup kami, dan kami pun selalu rindu bersantap bersamaMu. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman'. Yesus memberi jaminan kepada orang-orang yang mau datang kepadaNya.

Kedua, 'barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia. Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku'. Hidup dalam kuasa dan kasihNya.






Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017