Rabu Pekan Paskah III, 29 April 2020

Kis 8: 1-8 + Mzm 66 + Yoh 6: 35-40

 

 

Lectio

Pada waktu itu Yesus kepada mereka: "Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi. Tetapi Aku telah berkata kepadamu: Sungguhpun kamu telah melihat Aku, kamu tidak percaya. Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang. Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku. Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman. Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman."

 

Meditatio

Manusia, yang mempunyai kekekalan hidup, karena memang tercipta sesuai dengan gambarNya. Manusia mempunyai kemungkinan untuk kembali menikmati hidup kekal, dan itulah yang memang menjadi kehendak Bapa di surge. Yesus sendiri menegaskan: 'inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman'. Kemungkinan dan peluang disampaikan Bapa melalui Yesus Kristus, Putera Bapa. Karena memang Dialah Kebangkitan dan Hidup. Tidak ada orang sampai kepada Bapa, kalau tidak melalui Dia. Bagaimana caranya? Tuhan Allah sendiri yang tahu, dan Dialah yang akan mengaturnya. Kita tinggal menerimanya karena percaya kepadaNya.

Allah sendiri menghendaki, agar salah seorang umatNya 'jangan ada yang hilang'. Semua dikehendakiNya, karena selain semua tercipta sesuai dengan gambarNya, semua orang adalah milikNya yang harus dipertahankanNya. Allah adalah Kasih. Dia mengasihi seluruh umatNya tanpa terkecuali.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau tidak membuang semua orang yang datang kepadaMu. Engkau malah menyatukan kami, sebagaimana yang dikehendaki Bapa. Semoga kami benar-benar mau merasakan, bahwa kami ini milikMu, yang tercipta sesuai dengan gambarMu. Amin.

 

Contemplatio

'Inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman'.  

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita