Rabu V Pekan Prapaskah, 1 April 2020

Dan 3: 14-20 + Mzm + Yoh 8: 31-42

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus berkata kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu." Jawab mereka: "Kami adalah keturunan Abraham dan tidak pernah menjadi hamba siapa pun. Bagaimana Engkau dapat berkata: Kamu akan merdeka?" Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang berbuat dosa, adalah hamba dosa. Dan hamba tidak tetap tinggal dalam rumah, tetapi anak tetap tinggal dalam rumah. Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka. Aku tahu, bahwa kamu adalah keturunan Abraham, tetapi kamu berusaha untuk membunuh Aku karena firman-Ku tidak beroleh tempat di dalam kamu. Apa yang Kulihat pada Bapa, itulah yang Kukatakan, dan demikian juga kamu perbuat tentang apa yang kamu dengar dari bapamu." Jawab mereka kepada-Nya: "Bapa kami ialah Abraham." Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau sekiranya kamu anak-anak Abraham, tentulah kamu mengerjakan pekerjaan yang dikerjakan oleh Abraham. Tetapi yang kamu kerjakan ialah berusaha membunuh Aku; Aku, seorang yang mengatakan kebenaran kepadamu, yaitu kebenaran yang Kudengar dari Allah; pekerjaan yang demikian tidak dikerjakan oleh Abraham. Kamu mengerjakan pekerjaan bapamu sendiri." Jawab mereka: "Kami tidak dilahirkan dari zinah. Bapa kami satu, yaitu Allah." Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.

 

Meditatio

'Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu', tegas Yesus. Murid-murid Yesus adalah mereka yang percaya kepadaNya. Mereka yang percaya kepadaNya adalah orang-orang yang melakukan kehendakNya. Mereka adalah orang-orang merdeka, karena telah dimerdekakan oleh Anak, yang tinggal di rumah Bapa.

Sebutan memang penting. Ada anak sekolah, ada kepala sekolah. Ada orang Katolik. Ada anak-anak Abraham. Ada anak-anak Bapa. Namun apalah artinya mengaku anak-anak Abraham, tetapi tidak 'mengerjakan pekerjaan yang dikerjakan oleh Abraham'; demikian juga apalah artinya anak-anak Bapa, kalau 'firman-Ku tidak beroleh tempat di dalam kamu', tegas Yesus. Padahal 'jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku'.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau memerdekakan kami dengan karya penebusanMu. Semoga kami menikmati anugerahMu yang luhur dan mulia itu, dan kami semakin berani memberikan tempat yang istimewa bagi sabdMu dalam hati dan budi kami. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'firman-Ku tidak beroleh tempat di dalam kamu'. Peringatan keras bagi kita.

Kedua,  'jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku', Bapa dan Putera adalah satu.

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017