Senin Oktaf Paskah, 13 April 2020

Kis 2:22-32 + Mzm 16 + Mat 28: 8-15

 

 

Lectio

Pada waktu itu Maria Magdalena dan Maria yang lain segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus. Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: "Salam bagimu." Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya. Maka kata Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."

Ketika mereka di tengah jalan, datanglah beberapa orang dari penjaga itu ke kota dan memberitahukan segala yang terjadi itu kepada imam-imam kepala. Dan sesudah berunding dengan tua-tua, mereka mengambil keputusan lalu memberikan sejumlah besar uang kepada serdadu-serdadu itu dan berkata: "Kamu harus mengatakan, bahwa murid-murid-Nya datang malam-malam dan mencuri-Nya ketika kamu sedang tidur. Dan apabila hal ini kedengaran oleh wali negeri, kami akan berbicara dengan dia, sehingga kamu tidak beroleh kesulitan apa-apa." Mereka menerima uang itu dan berbuat seperti yang dipesankan kepada mereka. Dan ceritera ini tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang ini.

 

Meditatio

Ada dua pesan yang berlawanan, satu dengan lainnya. Yang satu berasal dari Tuhan, dan yang lain dari kita manusia. Yang satu mengatakan: 'pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku', karena memang Dia hidup; dan yang lain menginformasikan, bahwa murid-murid-Nya datang malam-malam dan mencuri jenasahNya, ketika kami sedang tidur. Yang satu suatu pesan tanpa resiko, karena berisikan kabar sukacita, dan yang lain sebuah pesan penuh ketakutan, karena adanya kesulitan yang muncul, walau mereka mendapatkan sejumlah uang.

Yang mana menjadi pilihan kita bersama?

'Yesus inilah yang dibangkitkan Allah, dan tentang hal itu kami semua adalah saksi' (Kis 2). Inilah kata-kata orang yang telah menikmati perjumpaan dengan Tuhan Yesus sendiri. Mereka adalah orang-orang yang menikmati karya penebusan. Pesan pertamalah yang menjadi pilihan mereka. Tentunya kita tidak perlu menanyakan apakah kita ini orang-orang-orang yang menikmati karya penbusnNya? Baiklah, kalau kita menjadi orang-orang yang tahu berterima kasih atas segala kebaikan yang telah kita terima daripadaNya.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau telah bangkit dari mati hanya demi keselamatan kami. Engkau memberi jaminan hidup kekal bagi kami, orang-orang yang percaya kepadaMu. Semoga kami berani menikmatinya dengan penuh syukur dan bertanggungjawab. Amin.

 

Contemplatio

'Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku'.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita