Hari Raya Kenaikan Tuhan, 21Mei 2020

Kis 1: 1-11 + Ef 1: 17-23 + Mat 28: 16-20

 

 

Lectio

Pada suatu kali kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman'.

 

Meditatio

Kenaikan Yesus ke surge diceritakan para rasul dalam Kisah hidup mereka. Setelah menyampaikan pesanNya, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. Mereka memandangNya dengan penuh kekaguman. Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: 'hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga'. KelahiranNya tidak diketahui banyak orang, demikian juga kenaikanNya ke surge, tak banyak diketahui orang.

KenaikanNya ke surge menunjukkan Yesus kembali berkuasa atas langit dan bumi. 'Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi'. Kata-kata yang menterjemahkan diriNya dalam bahasa para murid. Yesus tetap menggunakan etika dalam berbahasa. Dia kembali kepada Bapa, sebab 'segala sesuatu dijadikanNya dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan' (Yoh 1: 3). KenaikanNya adalah tanda bahwa segala kehendak Bapa di surge telah diselesaikanNya.

KenaikanNya tidak membuat para muridNya sebagai yatim piatu, sebab Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. Aku akan mengutus seorang Penolong. Penolong itu adalah Roh Kebenaran, yang akan memberitakan kepadamu apa yang diterimaNya dari padaKu.

'Jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu', pinta Yesus. Yesus meminta para murid membaptis dalam Tritunggal Mahakudus, karena Aku dan Bapa adalah satu, dan Roh Kebenaran itu keluar dari Bapa. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya.

Para muridpun diminta mengajar segala yang telah diterimanya dari Yesus, sang Guru. Tugas mereka sama persis dengan yang akan dilakukan oleh Roh Kebenaran. 'Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku'. Demikian juga para murid harus berani menjadi saksi-saksiNya, karena mereka telah hidup bersama denganNya selama pengajaranNya. Adakah yang menjadi permenungan istimewa, karena persamaan tugas antara Roh Kebenaran dan para RasulNya? Minimal para Rasul, dan para penggantinya dapat menjadi saksi dan menyampaikan semua ajaran Yesus Kristus, bila mereka bekerjasama dengan Roh Kebenaran. Para murid harus mengandalkan Roh Kebenaran, karena Dia adalah Roh Kristus, dan kekal adaNya; tidaklah demikian dengan para murid.

 

 

Oratio

Yesus Kristus, kenaikanMu ke surga memberi kepastian, bahwa kami pun boleh menikmati surga sebagaimana yang Engkau kehendak di mana Engkau berada, kami pun berada bersamaMu. Teguhkanlah iman kepercayaan kami, Engkaulah Penguasa langit dan bumi ini. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi'. Yesus Empunya kehidupan.

Kedua, 'Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman'. Dia hadir dalam RohNya.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017