Jumat Pekan Paskah IV, 8 Mei 2020

Kis 13: 26-33 + Mzm 2 + Yoh 14: 1-6

 

 

Lectio

Suatu kali bersabdalah Yesus: "janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ." Kata Tomas kepada-Nya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?" Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

 

Meditatio

Adakah yang pernah melihat surge? Apakah surge itu sama dengan taman Firdaus, tempat yang sempat dinikmati oleh Adam dan hawa beberapa waktu lamanya? Surga itu tempat-selalu bersama Yesus. Yesus sendiri menggambarkan surge bagaikan rumah. 'Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal'. Yesus pun masih menyebut rumah Bapa, rumah milik Bapa. Mengapa? Karena memang Dia datang ke dunia, diutus oleh Bapa di surge, yang selalu ada bersamaNya. Tinggal di rumahNya berarti tinggal bersama Bapa, sang Empunya kehidupan. Yesus sendiri berkeinginan 'supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada', karena memang Yesus merasa memiliki umat manusia sebagai milikNya, dan tidaklah demikian dengan ciptaan lainnya. Dia tidak ingin kehilangan orang-orang yang dikasihiNya.

Bagaimana kita dapat sampai ke rumahNya? Bukankah kita dari bawah dan Dia dari atas? 'Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku', tegas Yesus. Hanya melalui Yesuslah, setiap orang dapat sampai ke rumahNya datang kepada Bapa. Yesuslah Pintu sukacita bagi semua orang yang merindukan keselamatan surgawi. Bagaimana dengan mereka yang sampai hari ini belum mengenal Yesus? Tuhan Allah sendiri akan mengkordinirnya. Kita belum sampai pada realitas surge.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau mengundang kami menikmati kebersamaanMu di surge mulia. Ajarilah kami setia berada bersamaMU selama kami masih sementara hidup di dunia ini, sehingga pada akhirnya kelak boleh menikmati kebahagian hidup kekal di surge, tinggal dalam rumah Bapa yang memang telah Engkau siapkan bagi kami. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal, dan Aku ingin supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada'. Yesus amat posesif terhadap umatNya.

Kedua, 'Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku'. Karena Dia sendiri memang pemilik semuanya.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016