Kamis Pekan Paskah IV, 7 Mei 2020

Kis 13: 13-25 + Mzm 89 + Yoh 13: 16-20

 

 

Lectio

Saat itu Yesus berseru: 'Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya. Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya. Bukan tentang kamu semua Aku berkata. Aku tahu, siapa yang telah Kupilih. Tetapi haruslah genap nas ini: Orang yang makan roti-Ku, telah mengangkat tumitnya terhadap Aku. Aku mengatakannya kepadamu sekarang juga sebelum hal itu terjadi, supaya jika hal itu terjadi, kamu percaya, bahwa Akulah Dia. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menerima orang yang Kuutus, ia menerima Aku, dan barangsiapa menerima Aku, ia menerima Dia yang mengutus Aku'.

 

Meditatio

Pilihan menngadaikan kesetiaan. Ketidaksetiaan adalah suatu kejahatan.  'Bukan tentang kamu semua Aku berkata. Aku tahu, siapa yang telah Kupilih', kata Yesus. Siapakah yang dimaksudkanNya. Bukankah keduabelas murid itu adalah pilihan Yesus sendiri? Adakah di antara mereka yang mendaftarkan diri sebagai murid? Ada beberapa orang yang baru disembuhkan, dimintaNya pulang dan tidak perlu mengikutiNya. 'Tetapi haruslah genap nas ini: orang yang makan roti-Ku, telah mengangkat tumitnya terhadap Aku'. Ada pengkhianatan. Ada ketidaksetiaan, ada kejahatan.

'Aku mengatakannya kepadamu sekarang juga sebelum hal itu terjadi, supaya jika hal itu terjadi, kamu percaya, bahwa Akulah Dia'. Yesus menegtahui segala-galanya, tetapi Dia tidak memaksakan kehendakNya. Hidup adalah suatu pilihan yang menuntut kesetiaan setiap orang.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau telah memilih kami menjadi saudara dan saudariMu. Semoga kami menikmati pilihanMu dengan penuh syukur, dan mempertanggungjawabkan di akhir hidup kami. Amin.

 

Contemplatio

'Aku tahu, siapa yang telah Kupilih'.

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017