Kamis Pekan Paskah VII, 28 Mei 2020

Kis 23: 6-11 + Mzm 16 + Yoh 17: 20-26

 

 

Lectio

Pada waktu itu Yesus menengadah ke langit dan berkata: "Bapa yang kudus, bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu: Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku. Ya Bapa, Aku mau supaya, di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan. Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku; dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka."

 

Meditatio

'Bapa yang kudus, bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka', seru Yesus. Yesus ternyata, bukan hanya untuk para muridNya saja, berdoa, tetapi untuk semua orang yang menerima pewartaan mereka, para murid. Kebaskanlah debu dari kakimu sebagai tanda peringatan mereka, orang-orang yang tidak mau menerima pewartaan para muridNya. Yesus mendoakan mereka semua, pertama 'supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau'. Kesatuan menyemarakkan kehidupan. Kedua, 'agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku'. Sebab keselamatan hanya ada di dalam Allah; dan keselamtan hanya dinikmati oleh orang-orang yang hidup rukun berdampingan dalam semangat persaudaraan. Yesus mendoakan dan mendoakan semua orang, karena kita semua milikNya.

Yesus menghendaki semua orang beroleh selamat. Dia juga menambahkan dalam doaNya: 'ya Bapa, Aku mau supaya, di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku'. Bukankah Dia memang Jalan, Kebenaran dan Hidup? Keselamatan hanya dinikmati di dalam dan bersama Dia. Orang-orang yang diselamatkan berarti 'memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan'. Orang-orang yang diselamatkan itu menikmati 'kasih yang Engkau berikan kepada-Ku dan Aku di dalam mereka', pertegas Yesus dalam doaNya.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau menghendaki kami hidup di dalam Engkau dan Engkau dalam kami. Ajarilah kami untuk selalu memberi tempat kepadaMu, agar kami menikmati kasihMu itu dan beroleh selamat. Satukanlah kami selalu dalam kasihMu. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau'. Kesatuan menyemarakkan kehidupan.

Kedua, 'agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan'. Mereka adalah orang-orang yang selamat.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016