Minggu VI Pekan Paskah, 17 Mei 2020

Kis 8: 5-8 + 1Pet 3: 15-18 + Yoh 14: 15-21

 

 

Lectio

Suatu kali bersabdalah Yesus: 'jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu. Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamu pun akan hidup. Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya'.

 

Meditatio

'Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu', tegas Yesus kepada para muridNya. Yatim piatu berarti tanpa adanya yang mendampingi dan menjadi sandarac hidup. 'Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran'. Roh kebenaran yang akan mendampingi para muridNya. Bukan roh yang kosong dan hampa, melainkan pribadi, entitas yang berisi, bermakna dan mempunyai kekuatan. Yesus menyebutNya Seorang Penolong, dan bukannya suatu penolong. Dia adalah seorang Penolong, tetapi tidak dapat diraba dan dilihat. Dia tidak tertangkap indera manusia. Di tidak mengikatkan diri pada dunia. Dia adalah Roh Bapa dan Putera. Dialah Roh Kebenaran.

Seorang Penolong inilah yang membuat setiap orang mengalami pendampingan Allah sendiri. Sebab kehadiran Allah hanya dapat dinikmati dalam kehadiran RohNya yang kudus, yakni Roh Kebenaran. Dia tidak mengikatkan diri dalam ruang waktu, sebagaimana kehadiran sang Putera. Karena itu sebutan baptisan Yesus (Kis 8: 16) hanya mengingatkan, agar semua orang yang percaya kepada Tuhan Allah, yang penuh belaskasih, tidak membatasi pengetahuannya pada kehadiran Yesus selama di dunia ini. KehadiraNya mengatasi ruang dan waktu. Pembatasan diri pada Yesus yang menyejarah berarti menutup diri pada kehadiranNya yang kekal, yang mengatasi ruang dan waktu. KehadiranNya sekarang ini adalah Roh Kudus sendiri.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau selalu menyertai kami. Kalau pun Engkau tidak mengikatkan diri lagi dalam ruang waktu, Engkau tetap menyertai kami dalam RohMu yang kudus. Semoga kami semakin berani merasakan, bahwa Engkau ada di samping kami, baik pagi, siang, sore ataupun malam hidup kami. Amin.

 

Contemplatio

'Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran'. KehadiranNya dalam Roh.

 

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016