Pesta Santo Matias, 14 Mei 2020

Kis 1: 15-17 + Mzm 113 + Yoh 15: 9-17

 

 

Lectio

Suatu kali bersabdalah Yesus: 'seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu. Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh'.

 

Lectio

Kekhasan pengajaran Yesus adalah agar kita, para muridNya, menikmati segala yang dinikmatiNya dari Bapa di surge. Sebagaimana Yesus tinggal dalam Bapa, demikian Yesus mengajak para muridNya, agar tinggal juga di dalam Dia. 'Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya'. Kasih yang dinikmatiNya, hendak dibagikanNya kepada para murid; tentunya hanya mereka yang mengamini segala perintah dan kehendakNya. 'Siapa pun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan' (Mat 12: 50).

          Orang yang menikmati segala kasih Tuhan tentunya amat bahagia penuh sukacita. Aku datang membawa damai. 'Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh'. Semuanya ini diberikan kepada para murid, bila memang mereka melakukan segala yang dikehendakiNya. Yesus, tidaklah memanjakan para murid dengan aneka pemberianNya. Yesus memberikannya secara cuma-cuma, tanpa membayarnya; cukuplah dengan meneladan Dia yang memberi.

          Santo Matias yang semenjak awal sudah mengukuti Yesus, sepertinya tidak protes dan tanpa banyak bicara, ketika Yesus tidak memilihnya menjadi dua belas Rasul. Namun dia benar-benar seorang 'yang senantiasa datang berkumpul dengan kami selama Tuhan Yesus bersama-sama dengan kami, yaitu mulai dari baptisan Yohanes sampai hari Yesus terangkat ke sorga meninggalkan kami, untuk menjadi saksi dengan kami tentang kebangkitan-Nya' (Kis 1: 21-22). Dia tetap mengikuti dan mengikutiNya, sebab dia tahu siapalah Guru yang dihormatinya ini.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau memilih Matias setelah kepergianMu dari tengah-tengah dunia ini guna menyiapkan tempat bagi kami. Semoga kami mampu melaksakan perintah-perintahMu dengan setia sampai akhir hidup, sebagaimana diteladankan santo Matias Rasul. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya'. KasihNya dibagikanNya kepada kita.

Kedua, 'semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh'. Semua sempurna pada akhirnya.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017