Rabu Pekan Paskah VII, 20 Mei 2020

Kis 17: 15-22 + Mzm 138 + Yoh 16: 12-15

 

 

Lectio

Suatu kali bersabdalah Yesus: 'masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku'.

 

Meditatio

Tidak ada pertentangan antara peran Yesus Kristus dengan Roh Kebenaran. Sebab memang 'Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku', tegas Yesus. Kiranya semakin menjadi pemahaman bagi kita semua, bahwasannya Roh Kebenaran itu adalah Roh Yesus sendiri. Dia hadir di tengah-tengah umatNya, tidak lagi dengan mengikatkan diri pada ruang dan waktu, melainkan dalam RohNya yang kudus.

'Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku'. Roh Kudus, Roh Kebenaran akan selalu berkata-kata tentang Yesus, sebab Dia adalah RohNya sendiri. Karena itu, orang-orang yang mempertentangkan Roh Kudus dengan Kristus, tidak menyatakan kasih Allah. Mereka tidak ubahnya sebagaimana dikatakan Yesus kepada Petrus: 'engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia' (Mat 16).

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau menyatakan diriMu dalam Roh Kebenaran. Engkau menyatakan diri, karena Engkau menghendaki agar kami selalu berada bersamaMu. Semoga kami semakin berani menikmati hidup dalam bimbingan RohMu yang menghidupkan dan menguduskan itu. Amin.

 

Contemplatio

'Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku'.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017