Sabtu Pekan Paskah V, 16 Mei 2020

Kis 16: 1-10 + Mzm 100 + Yoh 15: 18-21

 

 

Lectio

Suatu kali bersabdalah Yesus: 'jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu. Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu. Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku'.

 

Meditatio

Barangsiapa mau menjadi murid-murid Yesus harus siap memanggul salib. Itulah yang pernah dikatakan Yesus. Segala, yang dialami Yesus, akan dialami juga oleh para muridNya. Demikian juga 'jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu', tegas Yesus. Apakah yang akan kita alami melebihi yang dialami Yesus?

Keterpilihan kita:  Akulah yang memilih kamu membuat kita para muridNya hidup baru. Perlulah kita nikmati dengan penuh syukur. Dia memilih kita, bukan untuk memanjakan, melainkan benar-benar menantang setiap orang menjalani kehidupan dalam dunia yang tidak pasti ini. 'Karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu'. Perlawanan dunia adalah wujud nyata, bahwa kita hidup dalam dunia yang tidak pasti.

 

Oratio

Yesus Kristus, meingikuti Engkau tidak berarti kamai duduk dalam kemampan dan kenyamanan hidup. Kami mlah harus siap menerima segala cobaan dan tanga sebagaimana yang Engkau alami. Limpaihlah kami berkatMU, agar kami mampu bersabar dan setia dalam aneka cobbaan dan tantangan. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu'. Yesus tahu segala yang kita rasakan.

Kedua, 'kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu'. Perlawanan dunia yang tak menentu ini.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita