Sabtu Pekan Paskah VI, 23 Mei 2020

Kis 18: 23-28 + Mzm 47 + Yoh 16: 23-28

 

 

Lectio

Pada waktu itu bersabdalah Yesus: 'sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu. Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu. Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah. Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa'.

 

Meditatio

'Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa', tegas Yesus. KenaikanNya ke surge membuktikan dan membenarkan segala yang pernah disampaikanNya. Dia yang datang dari atas, kembali ke atas. Yesus telah datang ke dunia, tetapi Dia tidak mau menjadi dunia. Dia mengikatkan diri pada dunia, tetapi tidak mau terikat oleh dunia.

Kenaikan Yesus ke surge juga tidak membuat para murid berdukacita. Ada keheranan dan kekaguman. Ada kebanggaan, ada ketakutan. Itu wajar. Semuanya membuktikan, bahwa 'kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah'. Kepercayaan membuat setiap orang mampu menikmati segala peristiwa ilahi yang dijumpainya.

 

Oratio

Yesus Tuhan, kami bersyukur kepadaMu karena boleh percaya kepadaMu. Kami bersyukur kepadaMu, karena banyak hal indah yang Engkau tunjukkan kepada kami. Semoga kami menikmatinya dengan penuh syukur dan membuat kami semkin rendu akan belaskasihMu. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa'. Segala-galanya ada waktunya.

Kedua, 'kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah'. Kepercayaan membuat segalanya indah.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita