Selasa Pekan Paskah IV, 5 Mei 2020

Kis 11: 19-26 + Mzm 87 + Yoh 10: 22-30

 

 

Lectio

Saat itu tibalah hari raya Pentahbisan Bait Allah di Yerusalem; ketika itu musim dingin. Yesus berjalan-jalan di Bait Allah, di serambi Salomo. Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: "Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami." Yesus menjawab mereka: "Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku, tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku. Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. Aku dan Bapa adalah satu."

 

Meditatio

'Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku', kata Yesus kepada orang-orang Yahudi. Aku juga tidak pernah berkata sembunyi-sembunyi. Jawaban itu diberikan Yesus, karena mereka bertanya-tanya jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami. Yesus memang tidak pernah berkata: Aku Yesus atau Aku Kristus, percayalah kepadaKu. Dia hanya menyatakan diri dalam pekerjaan-pekerjaan yang dilakukanNya. Segala pekerjaan yang dilakukanNya menyatakan siapakah diriNya itu. Hanya Orang yang diutus Allah dapat melakukan segala pekerjaan yang Engkau lakukan.

Kepercayaan tidak bisa dipaksakan. Kalau pun sudah diterangkan dan diterangkan, tetapi kata hidup tidak berbicara, maka seseorang tidak akan percaya. Itulah orang-orang yang datang kepada Yesus. Inilah makna iman kepercayaan adalah anugerah Allah. Mereka itu memang 'tidak termasuk domba-domba-Ku', tegas Yesus.  Sedangkan, 'domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku, dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka'. Kepercayaan mendatangkan keselamatan kekal daripadaNya.

 

Oratio

Yesus Kristus, semoga hati kami semakin hari semakin percaya kepadaMu, dan itu pun kami jabarkan dalam kata-kata dan perbuatan kami sehari-hari. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya'. Berbahagialah yang tidak melihat, tetapi percaya.

Kedua, 'pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku'. Yesus adalah kasih, bukan sekedar nama.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita