Selasa Pekan Paskah VI, 19 Mei 2020

Kis 16: 22-35 + Mzm 138 + Yoh 16: 5-11

 

 

Lectio

Suatu kali bersabdalah Yesus: 'sekarang Aku pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku, dan tiada seorang pun di antara kamu yang bertanya kepada-Ku: Ke mana Engkau pergi? Tetapi karena Aku mengatakan hal itu kepadamu, sebab itu hatimu berdukacita. Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum'.

 

Meditatio

Ada tugas perutusan istimewa terhadap Roh yang diutus oleh Bapa. 'Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman', tegas Yesus. 'Akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku'. Akar dosa adalah maut. Dunia benar-benar diingatkan agar berani mengakui sang Empunya kehidupan, mengakui Tuhan Allah sang Empunya kehidupan, dan Dia juga yang telah mengalahkan maut. Mengakui  Tuhan Allah berarti mengakui kehidupan dan keselamatan, sebab hanya dalam Dia Tuhan ada keselamatan. Maut, 'penguasa dunia ini telah dihukum', itulah 'penghakiman' kepada dunia. Percaya kepada Tuhan Allah adalah usaha menikmati kehidupan dan keselamatan.

Adalah suatu 'kebenaran', bahwasannya Allah telah menjadi manusia. Dia menjadi manusia, hanya oleh karena besar cinta kasihNya kepada seluruh umatNya. Dia tidak terikat ruang dan waktu, tetapi malah sengaja Dia mengikatkan diri pada ruang dan waktu. Di telah datang, dan Dia pun telah pergi sebagaimana dikatakanNya sendiri: 'Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi'. Kebenaran ini harus dinyatakan harus dinyatakan, karena memang Dialah sang Empunya dan Penguasa kehidupan ini, agar dimengerti oleh semua jaman dan bahwa keselamatan itu universal adanya.

Semuanya ini terus diwartakan oleh Roh Kebenaran, karena memang Dia telah datang, bukan untuk sekelompok atau bangsa tertentu, tetapi untuk seluruh umat manusia, ciptaan yang disayangiNya. Kasih Allah telah dinyatakan, dan menjadi tebusan bagi seluruh umatNya. Kelak Dia akan datang kembali untuk mengajak kita semua berada bersama Dia.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau akan kembali kepada Bapa, tetapi terus mendampingi kami dalam Roh KudusMu. Semoga kami menikmati hidup dalam RohMu yang menyelamatkan itu, karena itulah memang kehadiranMu dalam perjalanan hidup kami yang berkepanjangan ini. Amin.

 

Contemplatio

'Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman, akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum'.

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita