Senin Pekan Paskah V, 11 Mei 2020

Kis 14: 5-18 + Mzm 115 + Yoh 14: 21-26

 

 

Lectio

Suatu kali bersabdalah Yesus: "barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya." Yudas, yang bukan Iskariot, berkata kepada-Nya: "Tuhan, apakah sebabnya maka Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?" Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu".

 

Meditatio

'Tuhan, apakah sebabnya maka Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?', tanya Yudas Tadeus kepada Yesus. Yudas bertanya seperti ini sepertinya dia mendengar dan mendengarkan semua yang dinyatakan Yesus. Jawab Yesus: 'jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia'. Penyataan Yesus menegaskan, bahwa segala yang dikatakan bukanlah hanya untuk para muridNya saja, bukan pula untuk kaum Israel yang merasa sebagai bangsa terpilih. SabdaNya pun disampaiakanNya tanap sembunyi-sembunyi. Hanya orang-orang yang mengasihi Tuhan Yesus memang yang akan melakukan sabda dan kehendakNya, tidaklah demikian dengan mereka yang tidak mau tahu akan Dia.

'Aku berbicara terus terang kepada dunia: Aku selalu mengajar di rumah-rumah ibadat dan di Bait Allah, tempat semua orang Yahudi berkumpul; Aku tidak pernah berbicara sembunyi-sembunyi' (Yoh 18: 20). Yesus memperdengarkan suaraNya sampai ke ujung bumi (mzm 19). Yesus bukannya tidak menyampaikannya keada dunia, tetapi sekali lagi 'jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan datang kepada-Ku (Yoh 6). Penyataan Yesus sepertinya hanya disampaikan kepada beberapa orang, karena memang tidak semua orang yang mendengar penyataanNya itu, datang kepadaNya. Mereka yang datang, hanya mereka yang percaya, mereka yang mengasihiNya.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau selalu menyampaikan kehendakMu kepada semua orang tanpa terkecuali. Engkau tidak pernah berkata-kata secara sembunyi-sembunyi. Semoga kami yang mendengarkan dan menikmati belakskasihMu berani datang kepadaMu, dan semakin menikmati kasihMu yang menyelamatkan itu. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia'. Mereka adalah orang-orang yang merindukan keselamatan bersama Yesus.

Kedua, 'Aku berbicara terus terang kepada dunia: Aku selalu mengajar di rumah-rumah ibadat dan di Bait Allah, tempat semua orang Yahudi berkumpul; Aku tidak pernah berbicara sembunyi-sembunyi'. Yesus Penyelamat dunia.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017