Senin Pekan Paskah VI, 18 Mei 2020

Kis 16: 11-15 + Mzm 149 + Yoh 15:26 -16:4

 

 

Lectio

Suatu kali bersabdalah Yesus: 'jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku. Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku. Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku. Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu'.

 

Meditatio

'Kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku', tegas Yesus. Yesus berkata demikian, karena baru saja mengatakan: 'jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa'. Para murid mempunyai tugas yang sama dengan Roh Kebenaran. Suatu tugas dan kepercayaan yang begitu hebat dan mulia, yang diterima para murid. Yesus benar-benar menyatakan: bukan kamu yang memilih Aku, Akulah yang memilih kamu. Yesus benar-ebanr percaya kepada orang-orang yang dikasihiNya.

Yesus menjadikan para muridNya orang-orag yang hebat dan penuh kuasa. Namun begitu, dalam realitas konkrit sehari-hari, 'kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku', tegas Yesus. Barangsiapa ingin menjadi terbesar, hendaknya dia menjadi pelayan bagi sesamanya. Kepercayaan Yesus tidak membuat orang berpangku tangan, malahan membuat orang semakin berani berusaha. Pilihan mengikuti Yesus berarti meninggalkan dan tidak mengikuti yang lain.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau mengundang kami untuk berani bersaksi tentang pergaulan kami denganMu. Kepercayaan yang luar biasa Engkau berikan kepada kami. Semoga kami tidak takut berkata-kata tentang kebenaran, sebagaimana yang Engkau sampaikan kepada kami. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku'. Kepercayaan besar disampaikan kepada kita.

Kedua, 'kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku'. Barangsiapa ingin menjadi terbesar, hendaknya dia menjadi pelayan bagi sesamanya.  







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016