Senin Pekan Paskah VII, 25 Mei 2020

Kis 19: 1-8 + Mzm 68 + Yoh 16: 29-33

 

 

Lectio

Pada waktu itu kata murid-murid-Nya: "Lihat, sekarang Engkau terus terang berkata-kata dan Engkau tidak memakai kiasan. Sekarang kami tahu, bahwa Engkau mengetahui segala sesuatu dan tidak perlu orang bertanya kepada-Mu. Karena itu kami percaya, bahwa Engkau datang dari Allah." Jawab Yesus kepada mereka: "Percayakah kamu sekarang? Lihat, saatnya datang, bahkan sudah datang, bahwa kamu diceraiberaikan masing-masing ke tempatnya sendiri dan kamu meninggalkan Aku seorang diri. Namun Aku tidak seorang diri, sebab Bapa menyertai Aku. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia."

 

Meditatio

Kebangkitan Yesus dari alam maut dan kenaikanNya ke surge membuktikan apa yang pernah dikatakanNya, yakni 'Aku telah mengalahkan dunia'. Dia berasal dari atas, kembali ke atas, bahkan mereka yang telah dipilihNya, diberi kesempatan untuk tidak menjadi milik dunia, melainkan menjadi milikNya: tinggal bersama Dia berada. Para murid dimungkinkan beroleh keselamatan dan tinggal di surge, karena keterpilihan olehNya.  

Bagaimana dengan kita orang-orang yang percaya? Kalau kita percaya, baiklah kita sungguh-sungguh percaya kepadaNya. Para murid sempat berkata: 'kami percaya, bahwa Engkau datang dari Allah', tapi tak dapat disangkal seperti dikatakan Yeus sendiri: 'kamu meninggalkan Aku seorang diri'. Banyak dari mereka yang dulu berlari meninggalkan Yesus. Kiranya semuanya itu tidak terjadi pada kita, yang telah memperoleh rahmat penebusan berkat kematian dan kebangkitanNya. Mari kita berlari cepat, agar terangkat juga kita bersama Yesus.

 

Oratio

Yesus Kristus, kuatkanlah iman kepercayaan kami kepadaMu. Seringkali kami ini emosional dalam berkata-kata kepadaMu, tetapi tidak kami laksanakan dalam keseharian hidup kami. Semoga kami semakin percaya kepadaMu dalam perbuatan dan tindakan kami.

Santa Maria Magdalena de Pazzi, doakanlah kami. Amin.

 

Contemplatio

'Aku telah mengalahkan dunia'.  Ia bangkit dan hidup.

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016