Hari Raya Hati Kudus Yesus, 19 Juni 2020

Ul 7: 6-11 + 1Yoh 4: 7-11 + Mat 11: 25-30

 

 

Lectio

Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorang pun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorang pun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya. Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan."

 

Meditatio

Pada hari raya Hati Kudus Yesus, Gereja mengingatkan kita semua, bahwa Yesus sungguh-sungguh memberi hati kepada kita umatNya. Dia memberi hati kepada kita, karena pertama kudus dan sucilah hatiNya. Dialah Allah yang kudus, yang menjadi manusia, sama seperti kita.

Kedua, Dia menyapa dan mengundang semua orang tanpa terkecuali. 'Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku', kata Yesus kepada semua orang. Sapaan ini tentunya dirasakan secara istimewa oleh mereka yang letih lesu dan berbeban berat, karena mereka orang-orang yang membutuhkan. Mereka itu tak ubahnya orang-orang sakit yang membutuhkan dokter. Dia menyapa dan menyapa, memanggil dan memanggil, karena dikehendakiNya semua orang beroleh keselamatan.

Ketiga, Yesus tidak hanya menginginkan semua beroleh selamat, tetapi juga memungkinkan mereka menikmatinya. Maka Yesus menguduskan semua orang. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran, sabdaMu adalah kebenaran. Sebagaimana hatiNya kudus, Yesus juga menghendaki, agar semua orang kudus adanya. Sebab hanya hati yang kudus memungkinkan setiap orang beroleh keselamatan.

 

Oratio

Yesus Kristus, hatiMu sungguh kudus. Maka kami mohon, sucikanlah hati dan budi kami, agar kami semakin mampu menikmati keselamatan yang Engkau janjikan. Sucikanlah kami, karena kami amat lemah dan mudah berosa. Amin.

 

Contemplatio

'Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku'.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017