Hari Raya Tritunggal Mahakudus, 7 Juni 2020

Kel 34: 4-9 + 2Kor 13: 11-13 + Yoh 3: 16-18

 

 

Lectio

Dalam pengajaran-Nya Yesus berkata: 'karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah'.

 

Meditatio

'Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal', tegas Yesus. Hanya karena kasih, dan bukan kuasa, Allah mengutus, mengaruniakan dan mengurbankan Anak yang tunggal, yakni Yesus Kristus, kepada dunia. Allah menceburkan diri dalam dunia dengan menggunakan nama Anak yang tunggal, karena tidak ada yang lain, hanya Dia, Aku berkenan. Sebutan/gelar Anak digunakan karena menunjukkan relasi akrab dan satu antara Allah dan Yang diutusNya, karena Aku dalam Bapa, dan Bapa dalam Aku. (istilah anak hanyalah sebutan, tidak ada bedanya dengan kepala sekolah ataupun ibu pertiwi). Karena Anak menyebut Allah itu Bapa, maka kita pun ikut menyebut Allah Bapa kita. Aku datang hanya untuk melakukan kehendak Bapa yang mengutus Aku. Sebutan anak dan bapa, bukan hamba dan tuan, bukan boru dan ibu, karena penulisan Injil dipengaruhi dunia patriakhal. Kehadiran Bapa dan Putra benar-benar dapat dinikmati oleh setiap orang hanya dalam Roh, RohNya yang kudus.  

'Supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah'. Percaya kepada Allah memang prasyarat pertama dan utama untuk menikmati keselamatan. Percaya mengandaikan pengakuan, bahwa Tuhan Allah adalah sang Empunya kehidupan; dan hanya Dia Empunya keselamatan.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau memberkati kami dan menyatukan kami dalam Tritunggal Mahakudus, karena memang Engkau menghendaki, agar kami dalam Engkau, dan Engkau dalam kami. Semoga kami merasakan kasihMu yang menyelamatkan. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal'. Hanya karena kasih, dan bukan kuasa, Allah mengutus, mengaruniakan dan mengurbankan AnakNya.

Kedua, Aku memberkati engkau dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017