Minggu Biasa XIII, 28 Juni 2020

2Raj 4: 8-11 + Rm 6: 3-11 + Mat 10: 37-42

 

 

Lectio

Suatu hari bersabdalah Yesus kepada semua orang yang mendengarkan: 'barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku. Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku. Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. Barangsiapa menyambut kamu, ia menyambut Aku, dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku. Barangsiapa menyambut seorang nabi sebagai nabi, ia akan menerima upah nabi, dan barangsiapa menyambut seorang benar sebagai orang benar, ia akan menerima upah orang benar. Dan barangsiapa memberi air sejuk secangkir saja pun kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia tidak akan kehilangan upahnya dari padanya'.

 

Meditatio

Beriman kepada Kristus berarti menyambut dan berlaku atau bertindak seperti Kristus. Itulah pesan Injil hari ini.

Seperti Kristus Yesus telah memanggul salibNya, demikian juga 'barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku', tegas Yesus. Tidak ada gunanya dan tidak mendatangkan keselamatan, kalau kita mengagung-agungkan keluarga, tetapi mengabaikan Tuhan Yesus. Maka, 'barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya dan mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku'. Menomerduakan Tuhan Yesus membuat kita tidak layak di hadapanNya dan tak beroleh harta di surge, tak beroleh keselamatan, yang memang hanya berasal daripdaNya.

Paulus juga menegaskan, bukan saja kita harus berani memanggul salib seperti Yesus, 'kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, berarti dibaptis dalam kematian-Nya, … dan sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru….hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus' (Rm 6).

Barangsiapa bersekolah dan menamatkan Pendidikan di SMA, dia adalah lulusan SMA. 'Barangsiapa menyambut seorang nabi sebagai nabi, ia akan menerima upah nabi, dan barangsiapa menyambut seorang benar sebagai orang benar, ia akan menerima upah orang benar'. Barangsiapa menyambut Kristus menerima Kristus, dan 'barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku', tegas Yesus.

Perempuan Sunem beserta keluarga dalam bacaan pertama telah memberi contoh kepada kita.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau menghendaki agar kami selalu mengikuti segala yang Engkau perbuat. Engkau tidak hanya meminta, tetapi Engkau juga memberi kami segala, yang Engkau terima dari Bapa. Teguhkanlah kami untuk selalu mengikuti Engkau. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku', tegas Yesus.

Kedua, 'barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya dan mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku'. Tuhan Yesus harus nomer satu.

ketiga, 'kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, berarti dibaptis dalam kematian-Nya, … dan sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru….hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus'.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017