Rabu Pekan Biasa X, 10 Juni 2020

1Raj 18: 20-39 + Mzm 16 + Mat 5: 17-19

 

 

Lectio

Suatu hari bersabdalah Yesus: 'janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga'.

 

Meditatio

Aku datang bukan untuk meniadakan hukum Taurat dan kitab para nabi, melainkan untuk menggenapinya. Penegasan Yesus kepada orang-orang yang mendengarkannya. Yesus memberi tanggapan seperti itu, mengingat banyak komentar terhadap dirinya, yang sering melawan hari Sabat dan pengutipan kitab-kitab perjanjian lama guna membandingkan pengajaranNya. Mata ganti mata, gigi ganti gigi, tidaklah dilaksanakan lagi dalam pengajaranNya.

Menggenapi mengandaikan adanya yang kurang, bahkan ada sesuatu yang kurang pas dan perlu disesuaikan dan disempurnakan. Kehadiran Yesus benar-benar menggenapi hukum Taurat dan kitab para Nabi. Sebab Dia yang dahulu berbicara melalui pengantaraan para nabiNya yang kudus, kini datang sendiri dan menyapa umatNya. Dia yang dahulu dijanjikan, sekarang ada di tengah-tengah umatNya. Elia hanya mampu menampakkan Allah yang perkasa dan penuh kuasa (1Raj 18). Tuhan Allah Yahwe mahakuasa melebihi Baal. Elia meminta Israel memilih Allah atau Baal. Tidaklah demikian dengan Yesus. Dia menyatakan Allah ada di tengah-tengah umatNya. Allah yang berjanji akan datang, sebagaimana dinubuatkan para nabiNya, sungguh telah datang, dan kami telah melihat bintangNya, kami akan menyembahNya (Luk 1), kata orang-orang majus

 

Oratio

Yesus Kritus, Engkau datang di tengah-tengah umatMu. Engkau menyatakan, meluruskan dan menyatakan segala yang dinubuatkan para nabiMu. Semoga kami yang telah melihat dengan mata dan mendengar dengan  telinga, semakin percaya kepadaMu dan menikmati kehadiranMu sendiri. Amin.

 

Lectio

Pertama, 'janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi'. Kita suka menuduh orang lain memang.

Kedua, 'Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya'. Dia datang sebagaimana janjiNya sendiri.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016