Selasa Pekan Biasa XI, 16 Juni 2020

1Raj 21: 17-29 + Mzm 51 + Mat 5: 43-48

 

 

Lectio

Dalam suatu kesempatan bersabdalah Yesus kepada para muridNya: 'kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allah pun berbuat demikian? Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

 

Meditatio

Adakah keistimewaan orang-orang yang mengenal Allah dibanding dengan mereka tidak mengenalNya? Kalau orang mengaku diri mengenal Allah, rajin beribadat, lalu hanya memperhatikan orang-orang yang mengasihi mereka, dan memberi salam kepada orang-orang yang memberi salam terlebih dahulu kepada mereka, tentunya percumalah mengenal Allah, tegas Yesus dalam InjilNya hari ini. Orang yang mengenal Allah itu, pinta Yesus, harus sama seperti Bapa di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.

Sebagai orang-orang yang mengenal Allah, yang mengikuti Kristus, dan telah banyak menerima anugerahNya 'haruslah sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna', tegas Yesus. Sebaliknya, kalau kita yang mengaku Allah tetapi bertindak semaunya terhadap sesame, Tuhan Allah tidak akan tega-teganya membalas kita, sebagaimana dialami orang-orang yang berbuat jahat terhadap Nabot (1Raj 21).

 

Oratio

Yesus kristus, teguhkanlah kami dalam berbuat baik terhadap sesame. Semoga kami pun lebih berani mendahuli memberi salam dan mengasihi sesame dalam pergaulan sehari-hari. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'Bapa di sorga menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar'. Allah itu murahhati.

Kedua, 'haruslah sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna'. Kita bisa sama seperti Bapa Tuhan di surge.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016