Selasa Pekan Biasa XII, 23 Juni 2020

2Raj 19: 9-15 + Mzm 48 + Mat 7: 6.12-14

 

 

Lectio

Suatu hari bersabdalah Yesus: 'jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu. Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi. Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya'.

 

Meditatio

Ada tiga hal yang dinyatakan Yesus hari kepada kita. Pertama, agar kita tidak mudah membicarakan rahasia pribadi kepada orang lain. Maksud baik kita bisa disalah-mengerti dan disalah-gunakan malahan untuk menjatuhkan kita dengan cara yang amat halus. 'Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu'. Berbicaralah dengan seseorang yang benar-benar telah menjadi sahabat atau bapa rohani.

Kedua, Yesus pernah mengajak kita menjadi orang-orang yang murah hati seperti Bapa di surge, yang memberi hujan kepada orang baik dan jahat, terang matahari kepada orang benar dan salah. Orang yang murah hati adalah seseorang yang selalu mendahului berbuat baik kepada sesamanya. Karena itu, 'segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka', tegas Yesus.

Ketiga, berlatih menjadi orang yang murah hati memang tidaklah mudah. Seseorang harus berusaha dan berusaha, bagaikan masuk melalui pintu yang sempit dan sesak. Usaha yang dilakukan, tidaklah seperti membalik tangan, melainkan harus memakan waktu lama. 'Sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan'.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau mengajak kami untuk menjadi murah hati seperti Bapa di surge. Kami mohon, urapilah kami dengan RohMu, agar kami setia dan berani mendahului berbuat baik dalam pergaulan sehari-hari. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu'. Berbicaralah dengan seseorang yang benar-benar sahabat.

Kedua, 'segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka'. Hendaknya kita mendahului berbuat baik.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017