Selasa Pekan Biasa XIII, 30 Juni 2020

Am 3: 1-8 + Mzm 5 + Mat 8: 23-27

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus naik ke dalam perahu dan murid-murid-Nya pun mengikuti-Nya. Sekonyong-konyong mengamuklah angin ribut di danau itu, sehingga perahu itu ditimbus gelombang, tetapi Yesus tidur. Maka datanglah murid-murid-Nya membangunkan Dia, katanya: "Tuhan, tolonglah, kita binasa." Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?" Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali. Dan heranlah orang-orang itu, katanya: "Orang apakah Dia ini, sehingga angin dan danau pun taat kepada-Nya?"

 

Meditatio

Suatu hari Yesus naik ke dalam perahu dan murid-murid-Nya pun mengikuti-Nya. Sekonyong-konyong mengamuklah angin ribut di danau itu, sehingga perahu itu ditimbus gelombang. Para murid yang mengikuti Yesus dalam satu perahu tetap mengalami aneka tantangan. Mengikuti Yesus tidaklah berarti bebas dari aneka tantangan dan rintangan dari luar.

'Tuhan, tolonglah, kita binasa', teriak ppara murid. Sepertinya mereka masih belum mengenal siapakah Yesus. Mungkinkan Yesus binasa, tenggelam, bersama mereka? Mungkinkah para murid binasa bersama Yesus? 'Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?', seru Yesus kepada para muridNya. Yesus adalah Tuhan, yang berkuasa atas seluruh ciptaanNya.

Kasih Tuhan kepada umatNya memang amatlah tak terhingga. Namun kasih Allah selalu mendidik dan tidak memanjakan. 'Hanya kamu yang Kukenal dari segala kaum di muka bumi, sebab itu Aku akan menghukum kamu karena segala kesalahanmu' (Am 3: 2). Semuanya itu dilakukan Tuhan Allah sembari mengingatkan mereka, agar selalu berani berbalik kepadaNya.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau sungguh baik kepada kami. Namun seringkali kami kurang memperhatikan dan merasakannya. Kami berputar pada diri kami. Semoga iman kami semakin tumbuh, dan hanya bersama Engkau kami beroleh keselamatan. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'hanya kamu yang Kukenal dari segala kaum di muka bumi, sebab itu Aku akan menghukum kamu karena segala kesalahanmu'. Kasih Allah tidak memanjakan.

Kedua, 'mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?'. Dalam Yesus ada keselamatan. 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016