Senin Pekan Biasa XI, 15 Juni 2020

1Raj 21: 1-16 + Mzm 5 + Mat 5: 38-42

 

 

Lectio

Dalam suatu kesempatan bersabdalah Yesus kepada para muridNya: 'kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. Dan siapa pun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu'.

 

Meditatio

'Mata ganti mata dan gigi ganti gigi' diganti 'siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu'. Inilah peraturan baru. Ini bukannya meniadakan, melainkan memperbaharui. Seseorang yang melakukan aksi, harus siap mendapatkan reaksi. Peraturan itu bukannya membalas setimpal dengan perbuatan seseorang, melainkan dengan membangkitkan semangat kasih dalam diri seseorang. 'Aku berkata kepadamu', tegas Yesus, 'janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu'. Yesus mengajarkan hal ini, karena memang hukum pertama dan utama yang diajarkan adalah hukum cinta kasih. Tak jarang, balasan setimpal tidak menyelesaikan persoalan, malahan seringkali rumusan balas dendam tidak segera berakhir. Sikap dan tindakan seseorang tidaklah dapat diselesaikan secara matematis.

Mata ganti mata, gigi ganti gigi, tak kuat dilakukan oleh orang-orang lemah dan kecil, seperti Nabot petani sederhana itu (1Raj 12).

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau benar-benar memberi angin segar dan baru dalam relasi kami dengan sesame. Semoga kmi semakin berani mewujudkan cinta terhadap sesame, malah siap membawa berkat bagi sesame. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'mata ganti mata dan gigi ganti gigi'. Keadilan yang tidak menyelesaikan masalah.

Kedua, 'Aku berkata kepadamu, janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu'. Yesus mengajarkan cinta kasih.

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016