Hari Raya Maria Bunda Karmel

16 Juli 2020

1Raj 18: 42-25 + Gal 4: 4-7 + Yoh 19: 25-27

 

 

Lectio

Pada waktu itu dekat salib Yesus berdiri ibu-Nya dan saudara ibu-Nya, Maria, isteri Klopas dan Maria Magdalena. Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: "Ibu, inilah, anakmu!" Kemudian kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Inilah ibumu!" Dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya.

 

Meditatio

Pada abad 12-an ada beberapa orang naik ke gunung Karmel dan tinggal di sana.  Keindahan dan semarak gunung Karmel yang menghadap laut menarik hati banyak orang. Mereka datang ke gunung Karmel bukan untuk rekreasi, melainkan untuk memandang dan menikmati kehadiran Tuhan dalam keindahan alam dan sesame.

Tidak ada seseorang yang mengkordinir mereka. Tidak ada seorang yang mengaku diri sebagai pendiri mereka. Mereka masing-masing datang dengan tujuan dan cita-cita yang sama. Aturan hidup yang mereka sebut Regula disusun oleh Uskup Albertus dari Yerusalem, berdasar kemauan dan cara hidup keseharian mereka. Mereka tinggal bersama sebagai saudara, dan malah menjadikan nabi Elia sebagai Bapa, yang memberi inspirasi. Mereka juga akhirnya meneladan dan belajar hidup dari Maria. Mereka Maria, karena itulah memang kehendak Yesus sendiri, agar berani belajar daripadanya. 'Ibu inilah anakmu', kata Yesus kepada Maria, dan 'inilah ibumu', kata Yesus kepada murid yang dikasihiNya. Kata-kata Yesus ini mereka artikan, agar kita berani belajar dari Maria, dan bukan dari yang lain. Kemauan dan kedekatan mereka dengan Maria memberikan mereka menyebut diri Saudara-saudara Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel. Mereka adalah persaudaraan yang tinggal di gunung Karmel. Mereka adalah para karmelit.

Spiritulitas Karmel adalah Kontemplasi, yakni memandang dan menikmati kehadiran Tuhan Allah dalam doa, kerasulan dan persaudaraan. Kontemplasi dalam doa berarti menjadikan doa adalah nafas kehidupan. Kontemplasi dalam karya kerasulan berarti selalu siap sedia diutus unutk mewartakan Injil Kerajaan Allah. Aku bekerja segiat-giatnya bagi Tuhan Allah semesta alam. Kontemplasi dalam persaudaraan berarti berusaha menemukan Yesus Kristus dalam kehadiran sesame. Apa yang kamu lakukan untuk saudaraKu yang hina ini, engkau melakukannya bagiKu.  

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau menyatukan para karmelit untuk mengabdi Engkau dengan segiat-giatnya. Semoga kasihMu semakin menyemangati kami semua untuk mewartakan Injil Kerajaan Allah dan menemukan kehadiranMu sendiri dalam diri sesame kami.  

Santa Perawan Maria, doakanlah kami. Amin.

 

Contemplatio

'Ibu inilah anakmu', kata Yesus kepada Maria, dan 'inilah ibumu', kata Yesus kepada murid yang dikasihiNya. Kita adalah orang-orang yang dikasihiNya.

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita