Jumat Pekan Biasa XVII, 31 Juli 2020

Yer 26: 1-9 + Mzm 69 + Mat 13: 54-58

 

 

Lectio

Suatu hari setibanya di tempat asal-Nya, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata: "Dari mana diperoleh-Nya hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu? Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas? Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada bersama kita? Jadi dari mana diperoleh-Nya semuanya itu?" Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya." Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mujizat diadakan-Nya di situ.

 

Meditatio

Takjub itu sebatas perasaan. Bertanya-tanya itu soal akal budi. Itulah yang terjadi dengan orang-orang Nazaret. Takjublah mereka akan pengajaran Yesus. Pikiran mereka pun berjalan: dari mana diperoleh semuanya itu. Perasaan dan pikiran mereka tidak menyatu, maka tidaklah timbul kepercayaan. Kemampuan insani mereka utamakan, dan bukannya kemampuan ilahi yang mengatasi segala-galanya itu. Kita harus berani mengakui, walau di luar kemampuan insani kita, bahwa Allah mengatasi segala. Dia mampu melakukan segala sesuatu.

Karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mujizat diadakan-Nya di situ. Kepercayaan mendatangkan berkat. Banyak orang percaya dan datang kepada Yesus beroleh kesembuhan dan sukacita. Mukjizat diadakan di Nazaret sepertinya hanya karena belaskasih Tuhan, dan bukannya iman kepercayaan mereka. Orang-orang Nazaret tak ubahnya kaum Yehuda di jaman Yeremia (26: 1-19)

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau mengajar sebagai orang yang berkuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat. Semoga kami semakin menghayati pengajaranMu, sebab Engkaulah Jalan Kebenaran dan Hidup.

Santo Ignasius, doakanlah kami. Amin.

 

Contemplatio

'Jadi dari mana diperoleh-Nya semuanya itu?'. Bagi kita tidaklah persoalan lagi.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita