Rabu Pekan Biasa XIV, 8 Juli 2020

Hos 10: 1-12 + Mzm 105 + Mat 10: 1-7

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia. Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat".

 

Meditatio

Simon Petrus dan Andreas, Yakobus dan Yohanes, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot. Inilah keduabelas murid, para Rasul pilihan Yesus. Yesus pasti mengenal mereka masing-masing. Mengapa Yesus memilih mereka? Kasih Kristus terbuka bagi semua orang tanpa terkecuali, itulah jawabannya. Yesus malah mengundang setiap orang untuk datang kepadaNya. Sebagaimana Bapa yang murah hati, yang memberi hujan kepada semua orang, demikian Yesus Kristus memilih orang-orang yang mempunyai kesempatan untuk terpilih.

'Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat'. Para murid dipilih untuk mewartakan kehendak Tuhan. Mereka memang diberi kuasa yang hebat, tetapi bukan untuk asal-berbagi maksudnya. Semua kuasa pemberian sang Guru hanyalah untuk mewartakan bahwa Kerajaan Surga sudah datang, Dia sudah dekat. Mereka melakukan aneka mukjizat hanya sesuai dengan maksud Allah.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau mengutus para murid dan membekali mereka. Mereka Engkau utus untuk mewartakan sabda Dan kehendakMu. Semoga kami merasakan bahwa KerajaanMu memang benar-benar sudah ada dalam diri kami, kalau kami mengamini sabda dan kehendakMu yang menyelamatkan itu. Amin.

 

Contemplatio

'Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat'. Para murid dipilih untuk mewartakan kehendak Tuhan.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita