Rabu Pekan Biasa XV, 15 Juli 2020

Yes 10: 5-7 + Mzm 94 + Mat 11: 25-27

 

 

Lectio

Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorang pun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorang pun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya".

 

Meditatio

Kalau sebelumnya mengundang semua orang yang letih lesu datang kepadaNya, hari ini bersyukur kepada Bapa di surge. 'Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu'. Yang dimaksudkan orang-orang kecil adalah mereka yang tak berdaya dan selalu mengandalkan bekal yang berasal daripadaNya. Sebaliknya, mereka yang bijak dan pandai adalah orang-orang yang begitu mengandalkan kemampuan diri. Orang, yang merasa mampu dan cukup, tidak akan banyak tahu tentang program dan rencana Allah. Dia menutup diri akan Tuhan. Sebaliknya orang yang selalu merasa haus dan lapar akan kebenaran dan miskin di hadapanNya akan dikenyangkan dan dipuaskan oleh Tuhan, yang dirindukannya. Itulah alasan ucapan syukur Yesus kepada Bapa di surge.

'Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorang pun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorang pun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya'. Bagaimana juga Anak akan menyatakan kepada orang-orang yang tidak mau mengikuti diriNya. Orang yang mau mengikuti Dia dan tinggal bersama-sama dengan Dia (Yoh 1: 39) akan mengenal Dia sesungguhnya; yang pada akhirnya barangsiapa melihat Dia melihat Bapa (Yoh 14, 9).

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau bersyukur kepada Bapa atas kehendak Bapa yang selalu memperhatikan kaum kecil. Semoga kami berani membanggakan diri dalam namaMu, karena keterpilihan kami oleh kasihMu yang menyelamatkan. 

Santo Bonaventura, doakanlah kami. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil'. Yesus selalu sepakat dengan kehendak Bapa.

Kedua, 'tidak seorang pun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorang pun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya'. Kita orang-orang yang berkenan kepadaNya.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita