Selasa Pekan Biasa XV, 14 Juli 2020

Yes 7: 1-9 + Mzm 48 + Mat 11: 20-24

 

 

Lectio

Pada suatu hari Yesus mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya: "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung. Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu. Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini. Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu."

 

Meditatio

Khorarzim, Betzaida dan Kapernaum mendapatkan kecaman keras dari Yesus. Mengapa? Karena 'banyak mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama tidak mereka bertobat dan berkabung', tegas Yesus. Yesus malah membandingkan mereka dengan Tirus, Sidon dan Sodom, yang pasti akan bertobat dengan pelbagai anugerah yang mereka terima. Tidak adakah rasa terima kasih dari orang-orang Khorarazim, Betzaida dan Kapernaum? Atau Yesus memang menuntut balas budi mereka?

Tuhan Yesus tidak menuntut balas budi umatNya. Yesus malah memberikan aneka mukjizatNya, agar mereka semakin berani dan bersemangat mendekatkan diri padaNya, sebab hanya dalam diriNya ada keselamatan. Bukankah kita diminta untuk mengandalkan berkat yang dari Allah? Tuhan Allah menghendaki, agar semua orang beroleh selamat. Bertobat adalah sikap mendekatkan diri kepada Tuhan dan mengamini segala kehendakNya. Aneka mukjizatNya dimaksudkan agar mereka semakin bersemangat menyelesaikan pertandingan yang baik (2Tim 4), sebagaimana dikatakan Paulus.

 

Oratio

Yesus Kristus, ada banyak hal indah yang boleh kami nikmati daripadaMu. Namun hati kami begitu membeku dan tidak tergoyah sedikitpun untuk berterima kasih kepadaMu. Bantulah kami dengan terang Roh KudusMu, agar mudah kami mengucap syukur kepadaMu.  Amin.

 

Contemplatio

'Banyak mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama tidak mereka bertobat dan berkabung'. Janganlah terjadi di tengah-tengah kita.

 

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita