Selasa Pekan Biasa XVI, 21 Juli 2020

Mi 7: 14-20 + Mzm 85 + Mat 12: 46-50

 

 

Lectio

Suatu hari ketika Yesus masih berbicara dengan orang banyak itu, ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya berdiri di luar dan berusaha menemui Dia. Maka seorang berkata kepada-Nya: "Lihatlah, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan berusaha menemui Engkau." Tetapi jawab Yesus kepada orang yang menyampaikan berita itu kepada-Nya: "Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?" Lalu kata-Nya, sambil menunjuk ke arah murid-murid-Nya: "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Sebab siapa pun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."

 

Meditatio

Siapa ibuku? Dan siapa saudara-saudariku? Sebuah pertanyaan yang ganjil, kalau memang ada orang yang bertanya demikian.

Apakah pertanyaan Yesus juga pertanyaan yang ganjil? Yesus bukannya tidak tahu siapa ibu dan saudara dan saudariNya. Yesus mengenal hati setiap orang. Yesus malah mengubah arah kepemilikan saudara dan saudariNya, yakni 'ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Sebab siapa pun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku'. Yesus mengembalikan persaudaraan dengan diri sebenarnya, yang mana Allah menjadi manusia, dan kepada Anak yang Bapa berkenan. Maka benarlah, bhawa saudara-Ku laki-laki dan perempuan serta ibuKu, melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga. Sebab bukankah Dia datang hanya untuk melakukan kehendak Bapa yang mengutusNya? Saudara dan saudari Yesus adalah mereka semua yang melakukan tugas perutusan Bapa. Persaudaraan yang sebenarnya memang tidak dibatasi oleh ikatan keluarga biologis, melainkan benar-benar terbuka bagi semua orang yang berkehendak baik.

 

Oratio

Yesus Kristus, seringkali kami memilih-milih dalam persaudaraan. Semoga kami selalu terbuka bagi setiap orang dalam menjalin persaudaraan, sebab memang pada dasarnya kami adalah saudara-saudari yang siap menerima belaskasihMu yang menyelamatkan. Amin.

 

Contemplatio

'Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Sebab siapa pun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku'. Yesus menyatukan semua orang yang berkehendak baik.

 






Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017